Speaker Wireless dengan Raspberry Pi dari iPhone

Pendahuluan

Banyak Speaker Wireless ditawarkan di Toko-toko online dengan bermacam-macam merk, jika Kamu Berencana ingin mempunyai Speaker Wireless dan belum bisa membelinya, maka tutorial kali ini akan sangat sesuai untuk Kamu, kita akan membuat Speaker wireless dengan bantuan Raspberry Pi, namun pada tutorial ini terbatas pada mengirimkan audio secara wireless melalui WiFi dari Smart Phone iPhone, saya menggunakan iPhone 5. untuk gambar blok diagramnya bisa lihat dibawah ini :





kita akan mulai dari mengkonfigurasi Raspberry Pi sehingga dapat digunakan sebagai audio mirroring di iPhone. yang perlu di konfigurasi hanya di Raspberry Pi saja. di iPhone hanya tinggal menggunakannya saja. OS yang saya gunakan di Raspberry Pi yaitu versi Raspbian Stretch. kita akan mulai langkah demi langkah :

Update repository

untuk menyakinkan bahwa list repository kita adalah yang paling update. sehingga ketika nantinya kita menginstall mendapatkan aplikasi yang paling update. untuk melakukannya cukup mudah, buka terminal kemudian ketikan perintah seperti dibawah ini :

sudo apt-get update

Install Dependencies

software yang akan digunakan sebagai mirroring audio ini yaitu ShairPort Sync. ini bukan berbentuk package yang siap di-install, namun masih berupa source code, kita sendiri yang meng-compile dan build-nya, sebelum itu kita perlu install dependencies yang diperlukan oleh ShairPort Sync. berikut perintah untuk install dependencies di terminal.

sudo apt-get install autoconf automake avahi-daemon build-essential git libasound2-dev libavahi-client-dev libconfig-dev libdaemon-dev libpopt-dev libssl-dev libtool xmltoman

Clone Source Code ShairPort Sync

kita akan mengambil source code ShairPort Sync dengan cara clone menggunakan git. Program ShairPort Sync inilah yang akan digunakan sebagai mirroring audio dari iPhone ke Raspberry Pi. untuk meng-clone git source code ShairPort Sync dapat dilakukan perintah dibawah ini pada terminal


git clone https://github.com/mikebrady/shairport-sync.git


Compile dan Build

setelah source code kita dapatkan, maka kita akan mencompile dan mem-buildnya, sebelum itu, kita akan menkonfigurasinya secara perintah. pertama-tama masuk ke directory shairport-sync, kemudian konfigurasi source codenya. berikut perintahnya :

cd shairport-sync


autoreconf -i -f


./configure --with-alsa --with-avahi --with-ssl=openssl --with-systemd --with-metadata

kita bisa lihat bahwa nantinya ShairPort Sync ini akan dibangun dengan bantuan alsa (Advanced Linux Sound Architecture), dengan systemd yaitu program yang mengijinkan kita untuk menjalankan suatu service saat pertama kali booting, kemudian dengan openssl artinya data  yang dikirim di enkripsi agar lebih aman, dan lain-lain.
setelah berhasil mengkonfigurasi tanpa error, langkah selanjutnya yaitu mengcompile dan build source code ShairPort Sync. ini merupakan momen yang penting untuk membuat executable ShairPort Sync, untuk itu sebelum melakukannya alangkah baiknya untuk memperhatikan lagi langkah-langkah diatas. untuk compile dan build ketik perintah berikut ini pada terminal :

make
 
sudo make install

setelah berhasil tanpa error. maka sekarang program ShairPort Sync sudah terinstall pada Raspberry Pi kita. selamat :). kita hampir selesai, ada dua langkah lagi yaitu mengaktifkan service ShairPort Sync agar otomatis jalan saat pertama kali booting, dan menjalankan service ShairPort Sync untuk yang pertama kalinya. berikut perintahnya :

sudo systemctl enable shairport-sync
 
sudo service shairport-sync start

setelah perintah diatas dijalankan tanpa error. sekarang harusnya iPhone sudah mampu mirroring audio ke Raspberry Pi. untuk melakukan mirroring aktifkan personal hotspot pada iPhone kemudian koneksinya WiFi Raspberry Pi terkoneksi ke iPhone, atau iPhone dan Raspberry Pi terhubung secara WiFi ke router yang sama. 

setelah iPhone dan Raspberry Pi satu jaringan secara WiFi. sekarang aktifkan mirroring ke Raspberry Pi dengan cara geser ujung layar bawah ke atas, maka akan keluar control center, kemudian geser kekanan untuk masuk ke pengaturan music. di paling bawah akan ada dropdown. pilih dropdown tersebut dan kamu akan menjumpai Tulisan Raspberry Pi. pilih itu. sampai tanda centang berada di samping tulisan Raspberry Pi. kemudian test dengan mendengar youtube, musik atau melihat video, kamu seharusnya sudah bisa mendengarkan audio iPhone secara wireless pada Speaker kesayangan kamu. selamat menikmati :)



Speaker Wireless dengan Raspberry Pi dari iPhone Speaker Wireless dengan Raspberry Pi dari iPhone Reviewed by rayakyfa on August 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.