General Purpose Input Output - GPIO


Pengenalan

Gpio Raspberry Pi merupakan I/O - input output Raspberry Pi ke dunia luar. kita bisa mengendalikan relay, motor, mengambil input dari sensor melalui pin-pin pada gpio ini. gpio ini dapat ditemukan pada sisi ujung Raspberry Pi yang merupakan pin header 40 pin. disana terdapat dua pin dengan sumber tegangan +5 Volt dan dua pin bertegangan 3.3 Volt. dan tersebar beberapa pin ground. 
perlu diketahui level output tegangan gpio adalah 3.3 Volt yang artinya jika pin mengeluarkan logika high maka secara real mengeluarkan tegangan sebesar 3.3 Volt dan logika low mengeluarkan tegangan 0 Volt. 

Input

input pada gpio menerjemahkan tegangan 3.3 Volt menjadi logika high dan tegangan 0 Volt menjadi logika low. didalam Raspberry Pi untuk input sudah tersedia internal resistor pull up atau pull down, sehingga kita tidak perlu memberikan resistor pull up luar atau pull down. untuk gpio pin 2 dan gpio pin 3 sudah terhubung dengan fixed resitor pull up luar, namun selain pin tersebut dapat di konfigurasi secara software.

Kegunaan

selain mengeluarkan level tegangan high dan low, gpio juga dapat di-fungsikan sebagai beberapa hal berikut ini :

a. Sumber PWM ke dunia luar

gpio dapat mengeluarkan sinyal pulsa PWM dimana lebar pulsa dan frekuensi dapat di atur secara software. ada beberapa pin yang secara hardware bisa digunakan sebagai PWM yaiut pin 12, 13, 18, dan 19. dan secara software semua pin bisa digunakan.

 

b. SPI 

terdapat dua jalur SPI pada gpio : SPI 0 MOSI (GPIO10); MISO (GPIO9); SCLK (GPIO11); CE0 (GPIO8), CE1 (GPIO7) dan SPI 1  MOSI (GPIO20); MISO (GPIO19); SCLK (GPIO21); CE0 (GPIO18); CE1 (GPIO17); CE2 (GPIO16)

c. I2C

terdapat dua jalur untuk umum Data: (GPIO2); Clock (GPIO3) dan untuk EEPROM  Data: (GPIO0); EEPROM Clock (GPIO1)

d. Serial

hanya terdapat satu jalur serial yaitu pada PIn TX (GPIO14); RX (GPIO15), serial bisa digunakan sebagai komunikasi ke Arduino atau Perangkat tertentu seperti GPS, Modul GSM dan lain-lain


Raspberry Pi sudah menyiapkan software yang memudahkan kita memetakan gpio. yaitu pinout, tool software ini diberikan oleh GPIO Zero Python library, yang mana secara default sudah terinstall pada Raspbian desktop image dan belum pada versi Lite. untuk menggunakannya diterminal dapat diketik pinout maka akan ada tampilan menarik seperti dibawah ini :


cukup menarik bukan Raspberry Pi. sudah memberikan gambaran tentang gpio pin-pin-nya. hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merancang alat yang akan disambungkan atau dihubungkan dengan Raspberry Pi adalah, tegangan level 3.3 Volt. jika gpio pin dihubungkan dengan pin bertegangan +5 Volt maka akan ada arus balik menuju 3.3 Volt !

untuk menggunakan gpio secara software dapat digunakan perintah terminal yaitu dengan wiringPi atau pun dengan script Python juga dapat menggunakan aplikasi scracth. Terima Kasih sudah membaca artikel saya, semoga bisa bermanfaat




General Purpose Input Output - GPIO General Purpose Input Output - GPIO Reviewed by rayakyfa on August 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.