Setup WiFi dan SSH Raspberry PI tanpa monitor

Mungkin ada yang kesulitan ketika menginstall baru Raspbian pada Raspberry PI, namun  kesulitan meremote ssh karena tidak ada monitor?

iya itu baru saja terjadi pada saya beberapa saat yang lalu sebelum saya menulis artikel ini. versi Raspbian yang saya gunakan adalah Raspbian terbaru saat ini yaitu Raspbian STRETCH.

karena tidak ada monitor, maka yang perlu dilakukan adalah mengkonfigure Raspbery PI secara menuliskan atau mengedit file di dalam memory SD Card Raspberry PI. jadi perlu memasukan SD Card Raspberry PI teman-teman ke dalam laptop/komputer dan bisa dibacanya.

ada dua partisi didalam SD Card yaitu boot berekstensi FAT32 dan satu lagi root berekstensi jenis linux. partisi  root karena berjenis linux maka tidak bisa diakses ketika memasukannya kedalam OS Microsoft Windows. dan itu terjadi pada saya. untuk mengatasinya kita perlu software tambahan pada Microsoft Windows agar bisa bisa mengakses partisi tersebut. silahkan teman-teman mendownload software pada link dibawah ini untuk melakukan hal tersebut.


ketika partisi boot dan root sudah bisa kita akses. kita perlu memainkannya saja sedikit :)

secara umum ada 2(dua) langkah yang perlu kita lakukan agar bisa menremote ssh ke Raspberry PI tanpa monitor dimana kondisinya Raspberry PI  tersebut baru diinstall ulang dan tidak ada monitor.

1. meng-connect-kan Raspberry PI ke Jaringan WiFi/Thetering Handphone

untuk melakukan hal ini. cukup mudah teman-teman hanya pergi ke partisi root dan mengunjungi file pada /etc/wpa_supplicant/wpa_supplicant.conf  buka dengan notepad dan tambahkan di paling bawah tulisan berikut :

network={
    ssid="testing"
    psk="testingPassword"
}

ssid diisi dengan nama WiFi dan psk diisi dengan password WiFi. jika pada WiFi Pemancar tidak ada password maka cukup masukan tulisan sebagai berikut :

network={
   ssid="testing"
   key_mgmt=NONE
}

jika sudah ditambahkan tulisan diatas sesuai dengan konfigurasinya masing-masing maka simpan atau save.

selesai pengaturan untuk WiFi lanjut kelangkah kedua.

2. meng-enable-kan SSH pada Raspbery PI

karena alasan security secara default Raspbian akan mendisablekan atau menonaktifkan feature ssh. sehingga kita perlu mengaktifkan ssh secara file. langkahnya cukup mudah. teman-teman hanya perlu membuat file kosong bernamakan "ssh" (tanpa tanda petik)  tanpa esktension dan merupakan file kosong taruh pada partision boot paling luar. hanya perlu itu saja. :)

ketika dua langkah tersebut sudah dilakukan, maka SD Card sudah siap untuk dimasukan kedalam Raspberry PI dan di - power on.

ketika Raspberry PI sudah On. tunggu beberapa saat sampai Raspberry PI terhubung kejaringan WiFi atau thetering dan lakukan ssh dengan software kesayangan teman-teman salah satunya bisa dengan putty

untuk mengetahui IP Address pada Raspberry PI cukup gunakan software Angry IP Scanner untuk mengscan jaringan WiFi. hostname Raspberry secara default adalah raspberrypi.local

sekian artikel saya. semoga bisa bermanfaat :)


Setup WiFi dan SSH Raspberry PI tanpa monitor Setup WiFi dan SSH Raspberry PI tanpa monitor Reviewed by rayakyfa on April 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.